Senin, 07 September 2009

Keutamaan Ummmat Muhammad SAW

Berkata Abu Laits Assamarkandi r.a.

bercerita bapak saya rahimahullah bercerita abu ‘abdullah muhammad bin jannah, bercerita abu sai’d al imam, bercerita nashir dari ‘ubad bin katsir dari muqotil bin sulaiman r.hum:

sesungguhnya Musa as berkata ya Tuhan saya menjumpai di dalam lauh (kitab) umat yang bisa memberikan syafa’at dan dapat menerima syafa’at, maka jadikanlah umat tersebut sebagai umat saya. Allah berkata, itu adalah ummat Muhammad SAW.

Musa berkata, Ya Tuhan saya menjumpai di dalam kitab sebuah ummat yang dapat menghapus kesalahan dengan sholat 5 waktu maka jadikanlah ummat tersebut sebagai umat saya, Tuhan menjawab itu adalah umat Muhammad.

Musa berkata, Ya Tuhan saya menjumpai di dalam kitab sebuah ummat yang membunuh ahli sesat hingga mereka dapat membunuh dajjal yang bermata pece/kero/juling, maka jadikanlah umat tersebut sebagai umatku, Tuhan berkata, itu adalah umat Muhammad SAW.

Musa berkata, ya Tuhan saya menjumpai di dalam kitab sebuah ummat yang dapat bersuci dengan air dan debu maka jadikanlah umat tersebut sebagai umatku, Tuhan menjawab, itu adalah umat Muhammad SAW.

Musa berkata Ya Tuhan saya menjumpai di dalam kitab sebuah umat yang melakukan shodaqoh dan memakan shodaqoh, adapun orang-orang terdahulu membakarnya dengan api, maka jadikanlah umat tersebut sebai umatku, Tuhan menjawab, itu adalah ummat Muhammad SAW.

Musa berkata Ya Tuhan saya menjumpai di dalam kitab sebuah umat yang apabila memiliki niat baik maka dicatat baginya satu kebaikan dan jika niat tersebut dilakukan maka dicatat baginya 10 hingga 700 kebaikan dan kelipatannya sedangkan jika mereka memiliki niat jelek maka hal itu tidak dicatat sama sekali dan jika niat jelek tersebut dilakukan maka akan dicatat baginya satu kejelekan, maka jadikanlah umat tersebut sebagai umatku, Tuhan menjawab itu adalah umat Muhammad.

Musa berkata Ya Tuhan saya menjumpai di dalam kitab umat yang masuk surga dan 70rb dari umat tersebut masuk surga tanpa hisab. Maka jadikanlah umat tersebut sebagai umatku, Tuhan menjawab, itu adalah ummat Muhammad.

KESIMPULAN:

Keutamaan umat Muhammad yang tidak dimiliki oleh umat-umat nabi yang lain adalah:

  1. bisa memberikan syafa’at dan dapat menerima syafa’at, jadi yang dapat memberikan syafa’at itu bukan hanya kanjeng nabi saja tetapi umatnya juga dapat memberikan syafaat (para wali, ulama, orang sholeh, penghafal al quran). Kalau syafaat kanjeng nabi itu disebut syafa’atul udzma, maksudnya……….
  2. dapat menghapus kesalahan dengan sholat 5 waktu
  3. membunuh ahli sesat hingga mereka dapat membunuh dajjal yang bermata pece/kero/juling
  4. dapat bersuci dengan air dan debu
  5. dapat melakukan shodaqoh dan memakan shodaqoh. Ummat terdahulu juga melakukan shodaqoh namun shodaqoh tersebut kemudian dibakar dengan api sehingga tidak bisa dinikmati sendiri.
  6. apabila memiliki niat baik maka dicatat baginya satu kebaikan dan jika niat tersebut dilakukan maka dicatat baginya 10 hingga 700 kebaikan dan kelipatannya sedangkan jika mereka memiliki niat jelek maka hal itu tidak dicatat sama sekali dan jika niat jelek tersebut dilakukan maka akan dicatat baginya satu kejelekan
  7. 70ribu dari umat Nabi Muhammad SAW dapat masuk surge tanpa hisab. (whew…mung 70ribu padahal umatnya kan berpuluh juta)

1.

1 komentar:

  1. Subhanalloh..ternyata banyak keistimewaan kita sebagai umat nabi Muhammad. tinggal bagaimana kita memanfaatkannya.. ayo berlomba-lomba dalam kebaikan..
    syafaatul udzma yaitu syafaat terbesar yang khusus bagi rasululloh SAW dan tidak untuk selainnya.

    BalasHapus