Senin, 07 September 2009

SIMBAH NYAI HJ. IHYA’

Meninggal pada hari Jumat Kliwon di bulan Ramadhan serta lahir pula pada hari yang sama, subhanallah.

Saat mudanya beliau adalah seorang yang gigih berjuang melalui organisasi, dulu di aisyiah, namun setelah menikah beliau aktif di Muslimat NU.

Beliau adalah seorang yang mahabbah terhadap ilmu. Usia dan pernikahan tidak menghalangi beliau untuk senantiasa tholabul ‘ilmi. Setelah menikah beliau mengaji pada suami beliau, simbah kyai Ihya’ Ulumuddin. Mengaji kitab-kitab fiqih, mulai dari safinatun najah, fathul qorib, dll. Hal itu senantiasa beliau lakukan bahkan saat beliau sudah memiliki lima orang putra hal itu tidak menghalanginya untuk senantiasa belajar.

Beliau juga merupakan sosok yang gigih memperjuangkan Islam. Sosok yang sangat sabar, sosok yang dermawan, mencintai ulama’. Kecintaannya pada ‘ulama kadang beliau tunjukkan dengan senantiasa memberikan hadiah.

Beliau juga seseorang yang taat beribadah kepada Allah. Ibadah wajib dan sunnah secara istiqomah beliau lakukan. Sholat 5 waktu secara berjamaah, qiyamul lail, qiroatul quran, sholat dhuha. Qiroatul Quran senantiasa beliau amalkan setiap malam setelah qiyamul lail hingga subuh.

Beliau adalah sosok yang menghabiskan nikmat yang beliau peroleh dari Allah hanya untuk beribadah kepada Allah.

Mata kami basah, hati kami remuk redam atas kepergianmu simbah. Kepergianmu adalah salah satu tanda tercabutnya sebagian ilmu dari bumi Allah ini. Selamat jalan simbah nyai, semoga kuburmu lapang, jalanmu mudah, dan Allah menempatkanmu pada tempat yang terbaik di sisiNya. amin

Semoga kami yang mencintaimu mampu mengikuti jejakmu dan melanjutkan cita-citamu. amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar