Rabu, 04 Desember 2013

Membuat Tas dari T-Shirt Bekas

Limbah plastik adalah salah satu penyebab utama terjadinya kerusakan lingkungan. Plastik bersifat sukar diuraikan, sulit didaur ulang, serta dapat menyumbat saluran-saluran pembuangan limbah yang dapat menyebabkan banjir dan berbagai krisis lainnya. Mengingat potensi bahaya yang mungkin diakibatkan oleh plastik, mengurangi penggunaan plastik adalah salah satu hal yang perlu dilakukan dan perlu dijadikan kebiasaan oleh seluruh masyarakat. Bagaimana caranya?
Salah satu cara yang mudah, unik, dan mengasyikkan dalam mengurangi penggunaan plastik sekaligus menciptakan lingkungan bersih adalah dengan cara membuat sendiri tas belanja dari bahan-bahan daur ulang. Dengan membawa sendiri tas belanja Ibu dari rumah, pada saat belanja, baik di pasar maupun di supermarket, Ibu tidak membutuhkan lagi tas plastik untuk mengangkut barang-barang belanjaan Ibu. Selain itu, tas daur ulang yang Ibu buat sendiri juga pastinya lebih trendi dan fashionable jika dibandingkan dengan tas plastik yang biasa disediakan oleh para penjual. Bagaimana cara membuat tas trendi dan ramah lingkungan ini? Berikut langkah-langkahnya.
  • Siapkan t-shirt
Siapkan t-shirt bekas yang sudah tidak Ibu gunakan lagi. Pilih t-shirt bekas yang masih bagus, dengan gambar sablon yang unik dan Ibu sukai.
  • Potong bagian lengannya
Selanjutnya, Ibu perlu menggunting bagian lengannya, jika t-shirt yang Ibu pilih adalah t-shirt berlengan pendek atau berlengan panjang.
  • Balik t-shirt tersebut
Kemudian Ibu harus membalik t-shirt tersebut, sehingga bagian dalam t-shirt kini terletak di bagian luar.
  • Letakkan piring pada bagian kerah
Langkah selanjutnya adalah membuat lubang yang cukup besar pada bagian kerah. Lubung ini nantinya akan berfungsi sebagai lubang tempat Ibu memasukkan barang-barang yang Ibu beli ke dalam tas. Cara mudah untuk membuat lubang ini adalah dengan meletakkan piring pada bagian kerah, serta membuat jejak di sekitar piring tersebut dengan menggunakan spidol. Setelah sebuah lingkaran presisi Ibu dapatkan, sekarang Ibu dapat mulai mengguntingnya.
  • Tarik garis satu inci di atas keliman
Setelah itu, Ibu perlu menarik garis lurus satu inci di atas keliman bagian bawah dari t-shirt Ibu. Setelah memastikan bahwa garis tersebut lurus, Ibu dapat mulai menjahitnya dengan menggunakan mesin jahit.
  • Balik t-shirt seperti semula
Setelah selesai dijahit, Ibu dapat membalik t-shirt Ibu seperti semula, dan tas unik Ibu siap untuk digunakan.
Mudah, unik, dan menyenangkan bukan, Bu? Buatlah beberapa tas unik ini, gulung, dan simpan di tempat-tempat yang mudah ditemukan seperti di dalam tas tangan atau di dalam laci mobil Ibu. Dengan demikian, jika sewaktu-waktu Ibu butuh belanja, tas unik ini dapat segera Ibu gunakan. Selain unik dan trendi, langkah sederhana ini pastinya juga akan sangat bermanfaat bagi lingkungan bersih di sekitar Ibu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar