Rabu, 04 Desember 2013

Membuat Sarung Bantal dari T-Shirt Bekas

Begitu banyak barang kebutuhan rumah tangga yang perlu dibeli setiap tahunnya ya, Bu. Mulai dari peralatan dapur, kamar mandi, ruang tamu, hingga ruang tidur. Memiliki ranjang tidur yang super nyaman adalah kenikmatan tersendiri dalam beristirahat namun hal tersebut kurang lengkap rasanya jika tidak ada kehadiran bantal yang sanggup membuat ruang tidur Ibu sempurna. Bosan dengan model dan motif sarung bantal yang itu-itu saja? Tak perlu kuatir mengenai biaya, karena Ibu bisa membuat sarung bantal unik dari t-shirt bekas. Hemat uang bukan, ketimbang harus membeli baru? Lantas, bagaimana caranya dan bahan apa saja yang dibutuhkan?

Bahan yang Ibu butuhkan adalah busa atau dacron pengisi bantal, pita pengukur, gunting, jarum dan benang jahit, serta tentu saja t-shirt bekas dengan motif unik. Bahan yang Ibu butuhkan sudah tersedia? Sekarang saatnya Ibu membuat bantal dari t-shirt bekas. Ada 2 jenis sarung bantal yang bisa Ibu buat. Berikut langkah-langkah yang bisa Ibu lakukan.
Sarung Bantal Persegi Panjang
  1. Setelah mendapatkan t-shirt bekas dengan ukuran bebas, gunting lurus bagian badan t-shirt yang terdapat motif atau tulisan. Buat bentuk persegi panjang dan ukurlah sesuai ukuran bantal Ibu.
  2. Balik t-shirt yang sudah digunting sehingga bagian dalamnya berada di luar, lalu jahitlah setiap sisi t-shirt sehingga membentuk sarung bantal. Sisakan sedikit lubang untuk memasukkan busa atau dacron.
  3. Setelah itu, balik t-shirt kembali sehingga bagian yang bermotif berada di luar, lalu masukkan busa atau dacron ke dalam lubang hingga sarung bantal yang terbuat dari t-shirt tadi menggelembung menjadi bantal.
  4. Terakhir, tutuplah lubang tadi dengan menjahitnya.
 Sarung Bantal Persegi Empat
  1. Gunting lurus bagian depan badan t-shirt yang terdapat motif atau tulisan. Buat bentuk persegi empat dan ukurlah sesuai ukuran bantal Ibu.
  2. Ambil kain bagian belakangnya, lalu gunting menjadi 2 bagian dengan masing-masing ukuran ⅔ untuk bagian bawah dan ½ untuk bagian atas dari keseluruhan tinggi bantal.
  3. Balik kain bagian depan sehingga bagian yang bermotifnya berada di dalam, lalu jahitlah seluruh bagian sisinya tanpa menyisakan lubang.
  4. Balik t-shirt kembali sehingga bagian yang bermotif berada di luar, lalu masukkan bantal ke dalamnya melalui lubang bagian belakang kain yang telah dibagi dua sebelumnya.
Tips membuat sarung bantal dengan menggunakan t-shirt bekas di atas sangat mudah kan, Bu. Dengan t-shirt bekas, Ibu dapat mengurangi limbah sekaligus membuat sarung bantal lucu dan unik. Ibu pun dapat hemat uang Ibu karena bisa membuat sarung bantal sendiri tanpa harus membeli. Ibu dapat membuat sarung bantal dengan bentuk lain selama Ibu dapat mengembangkan kreativitas. Kegiatan ini juga dapat Ibu lakukan bersama buah hati Ibu untuk mengasah kreativitas si kecil. Jadi, yuk kumpulkan t-shirt bekas yang ada di rumah dan mulailah berkreasi. Semoga berguna ya, Bu. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar